PENGARUH KEMAMPUAN KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS LANGENSARI 2 KOTA BANJAR

Authors

  • Rahardi Mahardika Sekolah Tinggi Kesehatan Bina Putra Bajar, Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kemampuan Kerja

Abstract

Kualitas pelayanan dipersepsikan baik dan memuaskan, jika jasa yang diterima melampaui harapan konsumen dan sebaliknya. Kemampuan kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang mendapatkan pelayanan di Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar, tekhnik sampling  yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kemampuan kerja dan kualitas pelayanan. Analisa data hubungan menggunakan uji korelasi chi-square. Hasil penelitian dari segi kemampuan kerja pegawai yaitu berkemampuan baik (55,6%), dan kualitas pelayanan menunjukan kualitas baik (59,3%) Hasil uji statistik chi- square menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar, dengan hasil p-value = 0,000 lebih kecil dari alpha = 0.05. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Langensari 2 Kota Banjar, maka disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kerja pegawai agar kualitas pelayanan tetap terjaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Rineka Cipta. Jakarta. Alimul, 2009. Teknik Analisis. Rineka Cipta. Jakarta.

Hasibuan. 2006. Manajemen Dasar. Bumi Aksara. Bandung

Moeloeng. 2007. Metodologi Penelitian Kulitatatif dan Kuantitatif. Hikmat Jaya. Bandung. Notoatmodjo. 2005. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Rineka Cipta. Jakarta.

Panggabean. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia . Ghalia Indonesia. Jakarta. Robins. 2003. Sumber Daya Manusia Berkualitas. Indeks. Bandung.

Ruky. 2003. Manajemen dasar. Bumi Aksara. Bandung.

Rusli. 2008. Persepsi Pelayanan Konsumen. Qomtu. Yogyakarta. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sudita. 2008. Informasi dan Kemampuan Verbal. Lestari Perkasa. Jakarta. Depkes RI, 2012. Derajat Kesehatan Manusia. Jakarta.

Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Puskesmas. Rineka Cipta. Jakarta. Nursalam. 2012. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Salemba. Surabaya.

Puskemas Langensari 2 2016. Petunjuk Teknis Prestasi Pegawai No 46. Kota Banjar. Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

STIKes Bina Putera. 2016. Panduan Penyusunan dan Penulisan Penelitian Dosen. Banjar.

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

Mahardika, R. . (2020). PENGARUH KEMAMPUAN KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS LANGENSARI 2 KOTA BANJAR. Jurnal Kesehatan Mandiri Aktif, 2(2), 85-90. Retrieved from https://jurnal.stikesbp.ac.id/index.php/jkma/article/view/78